Pelatihan Perdana Budidaya Kelapa Kopyor Kultur Jaringan Digelar di PPKS Bogor

Pelatihan Perdana Budidaya Kelapa Kopyor Kultur Jaringan Digelar di PPKS Bogor

02 Sep, 2023

Pelatihan Perdana Budidaya Kelapa Kopyor Kultur Jaringan Digelar di PPKS Bogor

PPKS mengadakan pelatihan budidaya kelapa kopyor kultur jaringan untuk pertama kalinya di PPKS unit Bogor. Pada pelatihan ini, peserta dikenalkan dengan buah kelapa kopyor secara lebih dalam, mulai dari keunikan, pengaplikasiannya yang dapat dijadikan makanan dan minuman, pemeliharaan tanamannya dari hama dan penyakit, hingga proses budidaya kultur jaringan secara detil dan potensi usaha yang dapat dihasilkan dari pemanfaatan buah kelapa kopyor. Peserta yang mengikuti pelatihan ini juga berasal dari berbagai kalangan, seperti James Jan Markus, yang merupakan CEO content creator “bapak2id” dan tidak memilki latar belakang perkebunan. “Setelah mengikuti pelatihan selama 2 hari, menurut saya kelapa kopyor ini potensial banget, semuanya dari hulu sampai hilir tersedia” ujar James.

Kelapa kopyor merupakan buah eksotis asli Indonesia dan tidak bisa ditemukan di negara lain. Keunikan genetik juga membuat kelapa ini memiliki karakteristik yang unik. Buah kelapa kopyor terlepas dari batoknya dan memiliki tekstur remah, dimana hal ini berbeda dengan kelapa biasa yang memiliki tekstur seperti jeli. Hal ini membuat rasa kelapa kopyor lebih gurih. Selain itu, telah diteliti bahwa kandungan lemak tak jenuh dalam kelapa kopyor lebih tinggi sehingga baik untuk tubuh.

Peneliti Kultur Jaringan Budidaya Kopyor, Deden Dewantara Eris, S.P., M.SI berkata bahwa pelatihan kelapa kopyor akan terus dilaksanakan dan menjadi kegiatan rutin. “Harapannya dengan adanya pelatihan kelapa kopyor ini, masyarakat semakin teredukasi mengenai salah satu varian kelapa ini, karena kelapa kopyor memilki nilai ekonomis yang tinggi dan sangat menjanjikan untuk dibudidayakan”, tambahnya.

Kupas tuntas semua tentang kopyor lebih dalam lagi bersama Kopyor Bogor dan ikuti pelatihan kopyor kedepannya.

Kelapa Kopyor 100% Asli Kopyor.

Share Article:

Previous Post Next Post

Other News