PT RPN-PPK Selenggarakan Rubis Project Closing Seminar

PT RPN-PPK Selenggarakan Rubis Project Closing Seminar

24 Sep, 2024

PT RPN-PPK Selenggarakan Rubis Project Closing Seminar

BOGOR-RUBIS Closing Seminar diselenggarakan oleh PT RPN-Pusat Penelitian Karet pada 11-12 September 2024 di Swiss-belhotel, Bogor. Acara ini dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh beberapa lembaga riset antara lain CIRAD, Universitas Gadjah Mada, Direktorat Jenderal Perkebunan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), ICRAF Indonesia, PTPN IV PalmCo, GAPKINDO, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sriwijaya, dan PT Sri Trang Lingga yang diharidiri 50 peserta offline dan 35 peserta online.

Sebagai kelanjutan program yang telah berjalan, RUBIS Project berkomitmen untuk melanjutkan dukungan terhadap pengembangan perkebunan rakyat di Indonesia. RUBIS Project mengundang seluruh stakeholders untuk berpartisipasi melalui pembentukan kelompok kerja (working group) yang melibatkan pemerintah, pengusaha, akademisi/peneliti, serta petani karet untuk merumuskan program dan kebijakan yang dibutuhkan dalam pembangunan perkebunan karet nasional pada umumnya serta pembangunan perkebunan rakyat khususnya.

PT RPN-Pusat Penelitian Karet berkolaborasi dengan CIRAD, Perancis dan Universitas Gajah Mada (UGM) melakukan kerja sama penelitian yang berjudul RUbber agroforestry Breeding Initiative for Smallholders (RUBIS Project) yang mendapatkan pendanaan dari Agropolis Foundation, dan telah berlangsung mulai tahun 2021-2024.

Kerja sama ini telah  menghasilkan paket teknologi budidaya yang adaptif untuk petani karet di masing-masing wilayah untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani karet. “Pusat Penelitian Karet saat ini telah memiliki beberapa klon yang direkomendasikan dan akan digunakan sebagai kontrol” Ujar salah satu Peneliti.

Harapannya RUBIS project dapat menjembatani para pemangku kepentingan pembangunan perkebunan rakyat di Indonesia guna mendukung perbaikan industri karet nasional.

 

Keterangan Lebih Lanjut:

Pusat Penelitian Karet

Telp: +6711 7439493

Ponsel: +6281361215741, +6281368739028

email: ppksembawa@puslitkaret.co.id

Bagikan Artikel:

Previous Post Next Post

Berita Lainnya