PRESIDEN RI MERESMIKAN PABRIK PERTAMA MINYAK MAKAN MERAH DI PAGAR MERBAU KABUPATEAN DELI SERDANG - SUMATERA UTARA

PRESIDEN RI MERESMIKAN PABRIK PERTAMA MINYAK MAKAN MERAH DI PAGAR MERBAU KABUPATEAN DELI SERDANG - SUMATERA UTARA

15 Mar, 2024

PRESIDEN RI MERESMIKAN PABRIK PERTAMA MINYAK MAKAN MERAH DI PAGAR MERBAU KABUPATEAN DELI SERDANG - SUMATERA UTARA

Kamis (14/03), Presiden Republik Indonesia meresmikan Pabrik Minyak Makan Merah (3M) Pertama yang berlokasi di Pagar Merbau Kab Deli Serdang, Sumatera Utara. Rombongan yang ikut serta dalam peresmian ini diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Bapak Basuki Hadimuljono), Menteri Koperasi dan UMKM (Bapak Teten Masduki), Direktur Utama Holding PTPN 3 (Bapak Abdul Ghani), Direktur Utama PT Riset Perkebunan Nusantara (Bapak Iman Yani Harahap), SEVP Research, Innovation and Sustainability PT RPN (Bapak M. Edwin S. Lubis), SEVP Operation II PT RPN (Bapak Misnawi), Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit - PT RPN (Bapak Winarna),  PJ Gubernur Sumatera Utara (Bapak Hassanudin) dan Bupati deli Serdang (Bapak Ali Yusuf) serta rombongan lainnya.

Pabrik minyak makan merah ini merupakan pabrik pertama di Indonesia yang memproduksi  minyak makan merah bersumber dari minyak kelapa sawit dibawah komando Menteri Koperasi dan UMKM dan dalam pengelolaannya dilaksanakan oleh Koperasi Pujakesuma. Minyak makan merah dihasilkan memiliki harga yang lebih kompetitif dan sebagai alternatif minyak makan sehat sehingga dapat menjadi solusi atas masalah stunting.

 

Harapan Menteri Teten kedepannya, setiap 1000 hektar perkebunan kelapa sawit, harus dilengkapi dengan pabrik Minyak makan Merah. Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik  Indonesia, Joko Widodo, dimana hilirisasi kelapa sawit menjadi Minyak Makan Merah oleh koperasi ditujukan untuk memastikan agar petani semakin sejahtera melalui minyak goreng sehat dengan harga terjangkau. Pabrik ini adalah satu dari tiga pilot projek Minyak Makan Merah yang bekerja sama dengan PTPN.

Pada kesempatan tersebut Peneliti Minyak Makan Merah PPKS-PT RPN (Dr. Frisda Rimbun Panjaitan dan tim) turut memberikan penjelasan tentang manfaat minyak makan merah bagi kesehatan serta bagaimana rancang bangun pabrik tersebut bekerja menghasilkan Minyak Makan Merah yang bersumber dari CPO kelapa sawit.

Share Article:

Previous Post Next Post

Other News