BUTUH ANALISIS TANAH, HARA, ATAU LIMBAH? LABORATOR PELAYANAN PPKS SIAP MEMBANTU

BUTUH ANALISIS TANAH, HARA, ATAU LIMBAH? LABORATOR PELAYANAN PPKS SIAP MEMBANTU

19 Mar, 2020

BUTUH ANALISIS TANAH, HARA, ATAU LIMBAH? LABORATOR PELAYANAN PPKS SIAP MEMBANTU

Perkembangan industri saat ini semakin pesat. Industrialisasi dapat meningkatkan pendapatan nasional, meningkatkan peluang kerja, dan mendorong masyarakat berpikir lebih maju dan ekonomis. Selain hal positif tersebut, ternyata industri juga berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan. Program yang menargetkan pengurangan emisi oleh industri belum dapat dicapai karena kelemahan untuk memantau limbah industri dan menerapkan standar kualitas pembuangan limbah. Agar industri mencapai target tersebut, Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menyediakan laboratorium pelayanan untuk jasa analisis lingkungan. Laboratorium PPKS membantu untuk melakukan analisis sesuai dengan beberapa metode standar, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), American Water Works Association (AWWA), dan American Public Health Association (APHA), sehingga memastikan keakuratan hasil analisis. Laboratorium PPKS melayani pelanggan dari berbagai kalangan, baik perorangan, perkebunan negara, swasta, maupun dari lembaga penelitian terkait untuk menunjang kegiatan penelitian. Layanan Laboratorium PPKS dapat diperoleh dengan cara datang langsung ke kantor PPKS Medan, atau mengirimkan surat pemberitahuan terlebih dahulu melalui email.

 

Staf pelayanan Laboratorium PPKS sedang memeriksa hasil analisis

 

PPKS memberikan jasa pengujian air, limbah, tanah, gas dan udara, serta herbisida dan pestisida. Parameter uji yang dianalisis meliputi pH, Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), minyak dan lemak, Dissolved Oxygen (DO), nitrogen, klorin, K, Ca, Mg, Mn, Pb, dan lainnya sesuai permintaan pelanggan. Laboratorium PPKS didukung oleh staf yang berpengalaman dan mendapat supervisi dari tenaga ahli laboratorium. Alat-alat yang digunakan dalam pengujian mendapatkan perawatan dan dikalibrasi secara berkala, seperti Gas Chromatography (GC), High Performance Liquid Chromatography (HPLC), dan Automatic Absorption Spectrophotometer (AAS). Laboratorium Pelayanan PPKS beroperasi dengan standar ISO/IEC 17025 dan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak 2010. Sementara itu, laboratorium yang lain terakreditasi oleh Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian & Pengembangan (KNAPP) sejak 2008. Laboratorium PPKS terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dan  menjamin seluruh pengujian dilaksanakan secara profesional.

 

Kegiatan di Laboratorium Pelayanan PPKS

 

Contact Person Laboratorium Pelayanan PPKS: Ika Widya Syahfitri dan Endranto (061) 7862477, Ext. 116 admin@iopri.org atau endra_ppks@yahoo.com

Share Article:

Previous Post Next Post

Other News